Gerakan Autocorrect Kimia ala AGKI

Deklarasi AGKI telah dilakukan pada hari Minggu, tanggal 22 Januari 2017, di Gedung LPMP DKI Jakarta. Deklarasi tersebut dihadiri oleh guru kimia yang berasal dari propinsi seluruh Indonesia. Selain deklarasi dan musyawarah pengurus AGKI juga diadakan presentasi dari pembina AGKI, dan demontrasi khas anggota AGKI.

Salah satu kegiatan tersebut bertajuk "Teknologi Informasi (TI) untuk Mendukung Pengajaran Kimia" yang disampaikan oleh salah satu pengelola grup diskusi Asosiasi Guru Kimia Indonesia di situs facebook.com. Fokusnya pada hal mendasar yang diperlukan setiap guru kimia terkait penggunaan TI. Kebutuhan mendasar untuk keseharian guru kimia dalam administrasi adalah kemampuan mengetik secara cepat dan akurat serta efisien, terutama untuk membuat naskah akademik atau perangkat pengajaran. Ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan aplikasi olah kata yang sudah dikenal lama oleh semua orang.

Foto Bersama Perwakilan Propinsi

Pada kegiatan AGKI pertama kali di setiap daerah, ini akan menjadi program pelatihan awal bagi yang membutuhkan. Pelatihan ini biasanya dilakukan secara tatap muka. Meskipun pada suatu waktu tutorial autocorrect dapat dilakukan secara daring (online). Setiap hari terjadi diskusi intens tentang autocorrect ini bila ada anggota AGKI ingin mendalami. Siapapun anggota AGKI yang sudah bisa wajib  membantu guru kimia (rukim) lain hingga bisa. Karena ini adalah hal yang relatif mudah, mudah digunakan dan mudah dimodifikasi, setiap rukim dapat terus menularkan ke rukim lain. Falsafah selang air yang layak untuk diikuti adalah "mengalirkan air pada siapapun yang membutuhkan".

Jika ingin mempelajari tentang autocorrect kimia, silakan bergabung dalam grup AGKI di facebook. Dari grup ini setiap anggota biasanya rela berbagi pengalaman baik autocorrect itu sendiri maupun yang lain. Dapatkan kenyamanan belajar bersama untuk meningkatkan komptensi diri sebagai rukim.

Posting Komentar

go top